9 Cara Mendidik Anak agar Rajin Belajar

9 Cara Mendidik Anak yang Malas Belajar agar Rajin

Jika Anda sedang mengasuh anak yang masuk usia sekolah maka mungkin Anda pernah menghadapi anak yang malas. Pada dasarnya anak yang malas belajar mungkin bisa terjadi pada semua anak namun tidak semua orang tua memiliki cara yang sama untuk mengatasinya. Anak-anak terkadang memiliki pola pikir yang berbeda sehingga mereka juga bisa merasa bosan dengan sekolah. Hal yang paling menyenangkan anak juga biasanya hanya bermain atau melakukan kesenangan mereka. Lalu bagaimana cara mendidik anak yang malas belajar agar bisa berubah, simak ulasan dibawah ini.

    1. Membantu memberikan motivasi untuk anak

Beberapa anak bisa terus masuk sekolah, belajar dan mengerjakan tugas mereka dengan baik. dampaknya bisa membuat anak sangat cerdas dan tidak pernah malas. Namun anak yang malas tidak pernah memiliki keinginan ini. Salah satu pemicunya mungkin karena anak tidak memiliki motivasi yang kuat. Anak hanya ingin pergi ke sekolah karena mereka memang harus ke sekolah. Sehingga anak ketika sampai di sekolah tidak memiliki motivasi untuk belajar apapun. Untuk mengatasi ini maka orang tua harus memberikan motivasi yang jelas. Ada banyak  bentuk motivasi misalnya menjanjikan hadiah untuk anak. Namun cara ini sering tidak bertahan lama sehingga orang tua harus mencari cara untuk menemukan hal yang paling menarik bagi anak.

   2. Masuk ke dalam kehidupan anak

Ketika anak menjadi sangat malas untuk belajar maka orang tua bisa masuk ke dalam kehidupan anak. Jangan pernah membiarkan anak belajar sendiri sehingga mereka menghadapi banyak kesulitan saat belajar. Kemungkinan hal inilah yang menyebabkan anak menjadi malas untuk belajar. Anda bisa mencoba untuk membantu dan mendampingi anak ketika belajar. Anda harus memberi cara mengajar yang menyenangkan untuk anak. Ketika anak bisa menyelesaikan persoalan maka biasanya anak akan menjadi lebih rajin.    3. Bertanya pada anak

Kemudian orang tua juga bisa mencoba untuk sering bertanya pada anak. Saat bertanya maka orang tua harus benar-benar dekat dengan anak bukan hanya bertanya sambil lewat atau sambil melakukan kegiatan yang lain. Bantu anak untuk melihat buku pelajaran dan tanyakan kesulitan yang dialami oleh anak. ketika anak menjadi malas karena masalah cara belajar dan guru yang tidak menyenangkan maka Anda bisa membantu anak. Misalnya ketika anak sedang mempelajari siklus kehidupan maka ajak anak untuk benar-benar masuk ke dalam contoh yang asli. Cara ini bisa membuat anak merasa penasaran sehingga anak menjadi lebih rajin untuk belajar.

   4. Tidak fokus pada nilai tertinggi tapi pada cara belajar

Banyak orang tua yang menekan anak untuk mendapatkan nilai terbaik dan ini yang sering menyebabkan anak malas untuk belajar. Anak merasa putus asa ketika tidak bisa bekerja dengan baik. Kemudian Anda bisa mencoba untuk menghilangkan kebiasaan ini dengan tidak memberikan target belajar untuk anak. Anda bisa mencoba untuk memberikan cara belajar yang lebih menarik dan mudah dimengerti oleh anak. Kebiasaan berdiskusi pada anak dan berbagi pengalaman belajar dengan anak bisa membuat anak merasa sangat nyaman dan juga memacu anak untuk mendapatkan nilai paling baik tanpa harus dipaksa orang tua.

   5. Memberi pujian pada usaha anak

Terkadang beberapa anak menjadi malas belajar karena mereka merasa tidak dihargai. Hal inilah yang menyebabkan anak tidak mau belajar lagi. Jika terjadi kondisi ini maka sebaiknya orang tua mulai mencoba untuk memberi pujian dan menghargai semua usaha yang sudah dilakukan oleh anak. Dampingi anak ketika sedang belajar kemudian cobalah untuk membantu anak belajar dengan baik. Jangan pernah meremehkan kemampuan anak sehingga anak tidak terluka untuk belajar sesuatu hal yang baru. Dalam hal ini anak-anak juga harus jujur dan orang tua bisa mencoba untuk menjaga kejujuran itu. Artinya ketika anak mengalami masalah saat belajar maka anak bisa berbicara dengan orang tua untuk menemukan solusi yang tepat. (Baca : cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan – makanan yang baik untuk otak janin dalam-kandungan)

   6. Mencoba memberikan struktur belajar yang baik

Banyak orang tua yang mencoba memaksa anak untuk belajar ketika baru pulang sekolah. Hal ini bisa menyebabkan anak menjadi mudah lelah dan tidak mau belajar dengan  baik. Anda bisa mencoba untuk membuat anak lebih santai saat baru pulang sekolah. Biarkan anak mendapatkan makanan ringan kesukaan mereka kemudian beri pilihan pada anak yaitu apakah harus tidur atau bermain. Anak harus memilih salah satu atau ibu bisa mencoba menyusun jadwal anak. Kemudian setelah itu berikan waktu pada anak untuk kembali belajar dengan baik dan dampingi anak saat belajar.


   7. Ajari anak untuk bertanggung jawab

Kemudian ibu juga bisa mencoba untuk tetap memberikan tanggung jawab pada anak. Ketika anak meminta hadiah sebagai imbalan sudah belajar dan mendapatkan nilai yang baik maka ibu harus memberikan hadiah tersebut. Jangan sampai menahan apa yang diinginkan oleh anak ketika itu menjadi imbalan anak setelah belajar dengan baik. Kemudian langkah ini sesekali harus dihentikan sehingga anak tidak memiliki kebiasaan yang manja. Anda bisa mencoba memberikan bonus lain seperti pergi ke tempat wisata saat hari libur. (baca: penyebab anak hiperaktif

  8.  Berikan waktu pada anak untuk melakukan hal yang disukai

Banyak orang tua yang mencoba untuk tidak membiarkan anak bermain game, melihat TV atau bermain dengan gadget hanya karena nilai sekolah yang jelek atau kurang memuaskan. Anak mungkin mengalami masalah yang sangat berat sehingga tidak bisa memahami pelajaran dengan baik. Setelah itu orang tua harus merubah semua prinsip ini. orang tua bisa mencoba untuk memberikan waktu yang lebih banyak saat anak bermain. Ikuti semua permainan yang disukai anak kemudian beri batasan waktu kapan harus belajar. Kebiasan ini sangat penting untuk anak karena bisa membuat anak tahu kapan harus belajar dan kapan harus  bermain.

   9. Lihat kembali lingkungan belajar anak

Kemudian ibu juga bisa mencoba untuk melihat kembali lingkungan  belajar anak. Mungkin anak menjadi malas belajar karena tempat belajar yang tidak menyenangkan dan sulit untuk belajar. Karena itu Anda bisa mencoba untuk mengatur semua perabotan dan tata letak kamar pribadi anak. Berikan nuansa warna yang cerah, hiasan dari tokoh kesukaan anak dan juga suasana kamar yang lebih menyenangkan. Buat lingkungan anak agar bisa belajar dengan baik sehingga anak tidak malas lagi.

Oleh : Tri Astuti, ST
Kategori : Parenting