Mendorong Kreativitas Tanpa Peralatan Elektronik

Mendorong Kreativitas Tanpa Peralatan Elektronik
By: Wyeth Nutrition

Dizaman sekarang ini, sangat umum melihat anak-anak membawa ponsel, laptop atau tablet. Sering kali, ketika anak sedang tidak bermain dengan perangkat elektronik tersebut, mereka dapat ditemukan sedang duduk asik di sofa sambil bermain video game atau menonton televisi.

Ada banyak cara yang dapat Mam kembangkan untuk meningkatkan kreatifitas anak tanpa harus berkutat dengan peralatan elektronik.

Berikut adalah lima cara yang dapat mendorong kreativitas anak:

1. Seni dan kerajinan

Tingkatkan semangat kreatif anak untuk membuat sesuatu yang dimulai dengan tangan kosong. Hampir semua dapat digunakan untuk membuat sesuatu yang artistik dan bahan bisa didapatkan tanpa perlu mengeluarkan biaya. Bahkan barang yang nampaknya biasa seperti tongkat dan benang dapat digunakan untuk membuat sesuatu yang menyenangkan dan berguna. Lihatlah sekitar rumah, apakah ada persediaan yang dapat menjadi benda  kreatif seperti krayon, lem, kertas berwarna dan tabung kardus kosong. Lepas kreativitas anak dan biarkan mereka berimajinasi.

2. Bermain di luar

Salah satu hal terbaik yang dapat dilakukan bersama anak Anda adalah mengajak mereka untuk menghabiskan waktu bermain di luar. Hal ini memberikan kesempatan kepada mereka untuk terlibat dalam permainan yang imajinatif dan membuat permainan mereka sendiri. Selain itu, tentu saja kegiatan ini baik untuk kesehatan mereka. Menurut American Heart Association, hampir 38 persen anak-anak berusia antara dua dan 19 tahun mengalami obesitas.

3. Bernyanyi

Anak-anak secara alami menyukai kegiatan bernyanyi dan  mengarang lagu. Jika anak Anda menunjukkan minat dalam hal ini, Mam mungkin dapat mempertimbangkan untuk memberikan mereka les olah vokal untuk membantu mereka mengasah bakat kreatif mereka. Bernyanyi adalah cara yang bagus untuk anak mengekspresikan diri dan berbagi sesuatu yang indah dengan dunia.

4. Bermain alat musik

Anak-anak juga dapat menikmati musik dengan bermain drum, seruling, piano, dsb. Jika pada awalnya anak tidak menunjukkan minat yang besar terhadap alat musik, terus kenalkan jenis alat musik lain kepadanya hingga ia menemukan alat musik yang disukainya.

5. Warna

Berikan si kecil buku mewarnai yang disertai dengan krayon, pensil warna atau spidol. Hal ini adalah cara yang paling bagus untuk mendorong anak agar kreatif  dan dapat membuat mereka duduk tenang dan tidak terganggu untuk waktu yang lama. Alat-alat ini akan memungkinkan anak-anak untuk tidak hanya mengembangkan kontrol motorik halus mereka, tetapi juga mempelajari lebih lanjut tentang warna dan struktur gambar.